Pages

Saturday, May 21, 2016

Tata cara pelaksanaan nisfu sya’ban (pertengahan bulan sya’ban malam ke-15)

Setelah selesai shalat sunnah ba’diyah maghrib di lanjutkan dengan shalat sunnah tasbih sebanyak empat rakaat.Di kerjakan dengan dua kali salam (dua rakaat-dua rakaat).
Pada rakaat pertama membaca surah  At- Takasur,rakaat kedua membaca surah Al ‘Asr,rakaat ketiga membaca surah Al-Kafirun,dan pada rakaat keempat membaca surah Al-Ikhlas. Setelah selesai shalat tasbih di lanjutkan dengan membaca Yaasin sebanyak 3x dengan 3x niat setiap membaca Yaasin 1x. Dengan membaca do’a setiap selesai membaca Yaasin 1x.
                Niat membaca yaasin yang pertama ; minta di panjangkan umur serta minta di berikan taufiq untuk taat kepada Allah.
                Niat membaca yaasin yang kedua  : minta di jaga dari segala macam bentuk bala’ dan penyakit serta minta di lapangkan rizki.
                Niat  membaca yaasin yang ketiga : minta agar dikayakan hati serta minta di matikan dalam keadaan husnul khatimah (mati dalam keadaan iman dan islam)
           Setelah selesai membaca yaasin di lanjutkan dengan membaca do’a nisfu sya’ban;
ALLAAHUMMA YAA DZAL MANNI WALAA YUMANNU ‘ALAIKA YAA DZAL JALAALI WAL IKRAAM,YAA DZATH THAULIWALIN AAM,LAA ILAAHA ILLA ANTA,DHAHRUL LAAJIIN,WA JAARUL MUSTAJIIRIIN,WA AMAANUL KHAA IFIIN,
ALLAAHUMMA IN KUNTA KATABTA NII ‘INDAKA FII  UMMIL KITAABI SYAQIYYAN AW MAHRUUMAN AW MATHRUUDAN AW MUQTARRAN  ‘ALAYYA FIR RIZQI,FAMHULLAA HUMMA BI FADL LIKA SYAQAAWATII WA HIRMAANII WA THARDII WAQ TITAARI RIZQII WA ATS-BITNII INDAKA FII UMMIL KITAABI SA’IIDAN MARZUUQAN MUWAF FAQAL LIL KHAIRAAT.
FA INNAKA QULTA WA QAULUKAL HAQQU FII KITAABIKAL MUNAZZALI ‘ALAA NABIYYIKAL MURSALI,YAMHULLAAHU MAA YASYAA U WA YUTSBITU WA ‘INDAHUU UMMUL KITAAB.
ILAAHIIBIT TAJALLIL AA’DHAMI FII LAILATIN NISHFI MIN SYAHRI SYA’BAANIL MUKARRAMILLATII YUFRAQU FIIHAA KULLU AMRIN HAKIIM WA YUBRAM,ISHRIF ‘ANNII MINAL BALAA’I MAA A’LAMU WA MAA LAA A’LAM WA ANTA ‘ALLAAMUL GHUYUUBI BIRAHMATIKA YAA ARHAMARRAAHIMIIN.
Artinya;
             Ya Allah Tuhanku pemilik nikmat,tiada ada yang bisa memberi nikmat atas-Mu.Ya Allah pemilik kebesaran dan kemulyaan.ya Allah Tuhanku pemilik kekayaan dan pemberi nikmat.tidak ada yang patut disembah hanya Engkau.Engkaulah tempat bersandar .Engkaulah tempat berlindung dan pada-Mu lah tempat yang aman bagi orang-orang yang ketakutan.
          Ya Allah Tuhanku,jika sekiranya Engkau telah menulis dalam buku besar-Mu,bahwa adalah orang yang tidak berbahagya atau orang yang sangat terbatas mendapat nikmat-Mu,orang yang dijauhkan daripada-Mu atau orang yang di sempitkan dalam mendapat rezeki,maka aku memohon dengan karunia-Mu,semoga kiranya Engkau pindah kan aku kedalam golonganorang-orang yang berbahagia,mendapat keluasan rezeki serta diberi petunjuk kepada kebajikan.
      Sesungguhnya Engkau telah bekata dalam kitab-Mu yang telah di turunkan kepada rosul-Mu,dan perkataan –Mu adalah benar,yang berbunyi  :  Allah merubah dan menetapkan apa-apa yang dikehendaki-nya dan pada-Nya sumber kitab.
       Ya Allah,dengan tajalli-Mu yang maha besar pada malam nisfu sya’ban yang mulya ini,engkau tetapkan dan engkau rubah sesuatunya,maka aku memohon semoga kiranya aku di jauhkan dari bala bencana,baik yang aku ketahui atau yang tidak aku ketahui,engkau lah yang maha mengetahui segala yang tersembunyi.dan aku selalu mengharap limpahan rahmat-Mu ya Allah tuhan yang maha pengasih.
Amien………..ya Rabbal a’lamien.

0 comments:

Post a Comment